Sunday, February 18, 2007

Blue Mountain Travelling


Karena ada Christmas, tahun baru, dan boxing day.... dan bertepatan dengan akhir term kursus... ada libur nih 3 minggu. Sebenarnya menurutku ini terlalu lama liburnya... karena aku ga tahu apa yang mesti dikerjakan.... paling-paling nanti menjelajah tempat-tempat yang belum pernah didatangi... tentunya yang gratis... atau kalo emang bayar.... ga mahal-mahal amatlah.... hehehehhe. Mahasiswa nih.... jadi harus penuh perhitungan ngeluarin duit... kalo ga... bisa jebol nih kantong....

Libur hari pertama... classmates pada ngajakin jalan ke Blue Mountain. Banyak kegiatan dan tempat wisata yang bisa didatangi di sini. Contohnya waterfall, cave, bushwalking, horse riding, etc.

Kita berangkat ber-13. Mostly sih dari China. Sisanya dari Brazil, Vietnam dan Indonesia (ya aku heheheh). Female-nya ada 7 orang dan male-nya ada 6 orang.

Untuk mencapai daerah tersebut sebenarnya ada dua jalur transportasi yang bisa dipakai. Bis dan kereta. Kita pilih kereta karena cukup nyaman. Perjalanan dimulai dari Central Station dengan memilih train jurusan Blue Mountain, kita nanti berhenti di Katoomba. Perjalanan memerlukan waktu 2 jam. Tiket seharga AUD 11.60 ea. Di Central Station kita berangkat dari flatform 12. Jangan khawatir ketinggalan kereta... karena setiap jam ada kereta jurusan Blue Mountain. Kalo di perjalanan dipakai ngobrol sih ga berasa 2 jam... dan tidak ada macet kan???? hehehehe. Dari Sydney kita berangkat jam 12 siang.... dan jam 2 lewat dikit sampai di Katoomba. Dari Katoomba train station kita harus jalan sekitar 500m untuk menuju accomodation Youth Hostel Accomodation (YHA). (kalo mau ke sana saran aku booking dulu tempat... karena untuk peak season biasanya susah cari tempat.... tempat lain mahal... kalo di YHA kita bayar AUD 26/nite). Jangan khawatir nyasar.... karena petunjuk jalannya jelas banget....

Nah... di YHA ini meski hotel backpacker... tapi bersih dan friendly banget.... Untuk breakfast bisa makan di YHA. Murah... cuman AUD 6 udah bisa dapat cereal+milk (kita diserahi botolnya sekalian... jadi kalo mau ngabisin juga ga masalah), roti setangkup dengan selai terserah mau rasa apa.... ditambah dengan juice kotak.... Murah kan???? Yang unik... di sini kita harus melayani diri sendiri... abis makan harus cuci piring sendiri.... UNIK kan????

Terus hostel ini juga disediakan tempat untuk barbeque (BBQ). Silahkan pake sepuasnya... ga perlu biaya tambahan.... cukup sediakan makanan yang pengen kita masak... beres.... Dan ya itu.... sesudah makan harus dibersihkan sendiri....Ada fasilitas internet juga.... koneksinya super cepat... cuman harganya agak mahal.... AUD 1/15 minutes. Semua keterangan tempat wisata bisa kita dapatkan di sini. Kalo pengen peta juga bisa... cuman harus beli..... Harga bervariasi... dari AUD 5-10.

Jadwal check out 10 am. Dan sebelumnya... semua sheet yang disediakan oleh hostel harus dikembalikan sendiri ke laundry box.... berasa di rumah sendiri kan???? mungkin karena harganya yang murah... makanya kita harus swalayan.

Kita cuman sehari di Katoomba ini... dan jam 10.30an pulang ke City lagi.

No comments: